Penulis / NIM
DITHA DEFRIANTY MUTIARA / 291415058
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
PERAN KOMUNIKASI PETUGAS FRONT OFFICE
DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU
(Penelitian Pada Hotel Maqna Kota Gorontalo)
Ditha Defrianty Mutiara
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Peran komunikasi dalam suatu pelayanan front office merupakan salah satu peranan departemen yang sangat berperan penting ketika tamu mengunjungi sebuah hotel. Peran komunikasi mereka tersebut yang akan diperlukan untuk berhubungan dengan pelayanan para tamu baik saat tamu baru tiba (check in) sampai tamu meninggalkan hotel (check out) agar tujuan hotel untuk meningkatkan kepuasan tamu selalu terjaga dengan baik. Adapun rumusan masalahnya yaitu, bagaimana peran komunikasi petugas front office dalam meningkatkan kepuasan tamu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi petugas front office dalam meningkatkan kepuasan tamu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran komunikasi petugas front office ini sangat membantu dalam hal pelayanan. Dalam meningkatkan citra yang baik maka memerlukan adanya komunikasi, karena komunikasi dapat memberikan peranan yang sangat penting untuk sebuah kepuasan tamu dalam pelayanan hotel.
Kesimpulannya dalam mendapatkan sebuah citra perusahaan yang baik maka memerlukan adanya peran komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan tamu. Serta saran peneliti dalam penelitian ini yaitu petugas harus lebih teliti lagi dalam hal melayani tamu dan juga harus mampu memaknai apa saja yang menjadi keinginan dari tamu.
Kata kunci: Peran Komunikasi, Hotel Maqna, Kepuasan Tamu,
Download berkas