Penulis / NIM
FRANGKI ANDIANTO / 291415064
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
ABSTRAK
Frangki Andianto. 2022."Interaksi Edukatif Kiai Dengan Santri Dalam Proses Menjadi Hafidz Quran Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Yowan Tamu, S.Ag., M.A dan Bapak Ridwan Ibrahim, S.Pd., M.Si
Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif kiai dengan santri dalam proses menjadi hafidz Qur���an di pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah di desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato. 2). Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam proses menjadi hafidz Quran di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah di desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori S-M-C-R dari K. Berlo (1960).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Interaksi edukatif di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah dalam proses belajar mengajar tercipta komunikasi yang serasi, karena menggunakan tiga pola komunikasi, yaitu: a). Pola komunikasi searah terjadi pada saat Pola interaksi berpusat pada kiai, b). Pola komunikasi dua arah terjadi pada saat pola interaksi berpusat pada isi, c). Komunikasi banyak arah terjadi pada saat pola interaksi berpusat pada Santri/Siswa. 2). Metode menghafal Al-Qur����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½an yang diterapkan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½iyah dalam menambah hafalan yaitu: a). metode seluruhnya, b). metode bagian, C). metode campuran.
Kata Kunci: Interaksi, Edukatif, Kiai, Santri, Hafidz Qur����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿
Download berkas