SKRIPSI

Penulis / NIM
ITAL HUSAIN / 291415068
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Abstrak
ABSTRAK Ital Husain. 2020. â�Å"Strategi Komunikasi SAMSAT Kota Gorontalo dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor� Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Oleh Yowan Tamu, (Pembimbing 1) dan, Zulaeha Laisa (Pembimbing II). Pajak merupakan unsur paling penting dalam pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik, maka dari itu pajak sangat begitu berpengaruh akan tersedianya fasilitas umum seperti rumah sakit, jalan raya, lampu penerangan jalan, dan masih banyak lagi. Yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Komunikasi Samsat dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Komunikasi Samsat dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori stimulus organism respon (S-O-R). Hasil dari Penelitan ini: 1) Pihak Samsat Kota Gorontalo melaksanakan strategi komunikasi dalam meningkatkan kesadaran dalam membyayar pajak kendaraan bermotor, 2) Komunikasi tatap muka dan menggunakan media sebagai alat kampanye dan sosialisasi memberikan kesadaran bagi masyarakat, 3) pihak Samsat juga terus melakukan perbaikan dalam hal sosialisasi dan komunikasi yang baik kepada pembayar pajak. Dalam kesimpulannya, pihak Samsat Kota Gorontalo sendiri telah melaksanakan sosialisasi yang merupakan bagian rencana strategi komunikasi Samsat dalam menyadarkan masyarakat yang menunggak agar segera mungkin membayar tunggakan dan pajak kendaraan bermotornya. Kata Kunci: Samsat Kota Gorontalo, Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Komunikasi, Tunggakan. ABSTRACT Husain, Ital. 2020. â�Å"Communication Strategy of Gorontalo One-stop Administration Services Office (Samsat) in Raising Public Awareness of Paying Motorcycle Tax� Undergraduate Thesis. Study Program of Communication Science, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Yowan Tamu. Co-supervisor: Zulaeha Laisa. Tax acts as the most essential element in the development of public facilities and infrastructure, making it influential on the availability of public facilities, such as hospitals, highways, street lights, and others. As based on the problem statement, this study aimed to find out the communication strategy of the Gorontalo One-stop Administration Services Office (henceforth, Samsat) in raising public awareness of paying motorcycle tax. This qualitative research used the stimulus organism response (SOR) theory. The results indicated that 1) Gorontalo Samsat carried out the communication strategy in raising public awareness of paying motorcycle tax; 2) face-to-face communication, campaign media, and community outreach could raise public awareness; 3) Gorontalo Samsat continued to improve their community outreach and communication to taxpayers. All in all, Gorontalo Samsat has done community outreach as part of the communication strategy in making the people who are in arrears conscious of paying their arrears motorcycle tax immediately. Keywords: Gorontalo Samsat, Communication Strategy, Community Outreach, Communication, Arrears.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011