Penulis / NIM
HERI IDRUS / 291415069
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
PERAN KOMUNIKASI PETUGAS LPKA DALAM PEMBINAAN ANAK TERPIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK
KOTA GORONTALO
(Studi Kasus Maraknya Pencurian Pada Anak Usia Remaja)
Heri Idrus
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Saat ini tingkat kriminal yang melibatkan anak-anak sering terjadi di Indonesia. Seperti di wilayah Gorontalo sendiri, tingkat kriminal pada anak-anak pun sering terjadi. Contohnya kasus pencurian, penganiayayaan, asusila, pembunuhan, panah wayer, dan narkoba.
Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Gorontalo, bahwa pada awal bulan Agustus 2019 tercatat ada 17 anak yang harus dibina karena melakukan tindakan kriminal. Adapun di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak, merekadidampingi oleh petugas agar setiap kegiatan pembinaan anak berjalan seperti biasa dan para petugas bisa berinteraksi dan berkomunikasi langsung pada anak tersebut. Sehingga dari komunikasi antara petugas dan anak akan tercipta perubahan sikap.
Tujuan dari penelitian ini untuk menjadi bentuk Karya Ilmiah yang dapat mendeskripsikan peran komunikasi petugas LPKA dalam pembinaan anak terpidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kota Gorontalo. Penilitian ini mengunakan pendekatan deskriptif Kualitatif dengan mengunakan teori Efektifitas Komunikasi Interversonal untuk menjabarkan bagaimana Peran Petugas Dalam Membina Anak Terpidana.
Dalam penilitian ini, penulis menggunakan metode pengumpula data melalui tahapan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun yang menjadi hasil penilitian penulis di lapangan, yaitu bahwa Peran Petugas LPKA Dalam Membina Anak Terpidana yaitu dengan memberikan pendidikan formal dan non formal pada mereka.
Download berkas