Penulis / NIM
VIRSAN SATRIAJI PATTIASINA / 291415072
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
SAINUDIN LATARE, S.Pd.,M.Si / 0010087509
Abstrak
STRATEGI KOMUNIKASI REKRUTMEN ANGGOTA MAHASISWA PECINTA ALAM
(Studi Deskriptif Pada Mapala Butaiyo Nusa FIS UNG)
Virsan S. Pattiasina
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul; Strategi Komunikasi Dalam Merekrut Anggota sebuah Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi MPA BUTAIYO NUSA dalam Merekrut Anggota) yang bertujuan untuk mengetahui proses rekrutmen anggota dalam organisasi MPA BUTAIYO NUSA periode 2019-2020 serta mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan organisasi MPA BUTAIYO NUSA periode 2019-2020 dalam merekrut anggota organisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi, komunikasi organisasi dan rekrutmen. Informasi atau data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga orang informan, yaitu Ketua Umum MPA BUTAIYO NUSA, Kepala Bidang Diklat (Pendidikan dan Pelatihan), Ketua Panitia Perekrutan Anggota muda Periode 2019-2020 dan satu orang informan tambahan yaitu anggota muda MPA BUTAIYO NUSA. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses rekrutmen anggota muda MPA BUTAIYO NUSA melalui tahapan pengisian formulir, wawancara awal, orientasi materi umum, materi khusus, wawancara akhir dan tahap pelantikan bagi yang lulus. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh MPA BUTAIYO NUSA dalam merekrut anggota organisasi ialah dengan memperhatikan unsur-unsur komunikasi itu sendiri yaitu dengan memperhatikan khalayak mana yang berpotensi untuk menjadi anggota muda MPA BUTAIYO NUSA, dilanjutkan dengan menyusun pesan yang akan disampaikan agar menarik dan mudah dipahami, kemudian menetapkan bagaimana metode penyampaiannya agar diterima dengan baik dan mudah oleh calon anggota. Kemudian pemilihan dan penggunaan media yang tepat dan efektif, serta yang terakhir menentukan komunikator yang memiliki kredibilitas dan daya tarik dalam proses perekrutan. Meski MPA BUTAIYO NUSA telah melakukan strategi komunikasi dengan baik, namun animo mahasiswa UNG tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Ini terlihat dari banyaknya anggota yang lulus yaitu 13 orang, sedangkan tahun lalu 12 orang.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Rekrutmen, MPA BUTAIYO NUSA
Download berkas