Penulis / NIM
AWALUDIN UMAR / 291415076
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUMARJO, S.Pd., M.Si / 0009067607
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
PERILAKU KOMUNIKASI PERAWAT DALAM MENANGANI PASIEN
(STUDI DESKRIPTIF DI KLINIK MIRAH SEHATI KOTA GORONTALO)
Awaludin Umar
Jurusan Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Peran perilaku komunikasi perawat sangat penting dalam dunia kesehatan. Oleh karena itu, pemahaman perawat mengenai perilaku komunikasi dalam menangani pasien rawat inap yang ada di Klinik Mirah Sehati Kota Gorontalo sangat berpengaruh penting dalam proses penyembuhan pasien. Adapun yang menjadi rumusan permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana perilaku komunikasi perawat terhadap pasien. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku komunikasi perawat dalam menangani pasien khususnya di Klinik Mirah Sehati Kota Gorontalo.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penguatan (reinforcement theory) yang dikemukakan oleh Hovland Janis dan Kelly (1967). Data dalam penelitian ini di dapatkan melalui tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku komunikasi perawat dalam menangani pasien rawat inap sudah cukup efektif. Selain itu kemampuan perilaku komunikasi perawat baik itu perilaku tertutup maupun perilaku terbuka saat ini sudak baik, walaupun masih mengalami sedikit hambatan dalam proses komunikasi non verbal.
Kata Kunci : Perilaku Komunikasi, Proses Komunikasi
Download berkas