Penulis / NIM
BONDHAN ARIYANTO SADEWO / 291416002
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Pembimbing 2 / NIDN
TAUFIK R. TALALU, S.Pd, M.I.Kom / 00130390
Abstrak
PEMASARAN INTERAKTIF
DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA
BONE BOLANGO PADA ERA NEW NORMAL
Bondan Ariyanto Sadewo
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Pemerintah pusat pada Tahun 2019 berupaya meningkatkan perekonomian dengan menciptakan kebijakan seperti percepatan infrastruktur, perkembangan sektor ekonomi potensial, perkembangan sektor industri dan perkembangan sektor pariwisa. Destinasi wisata Bone Bolango merupakan bagian dari daerah Indonesia mampu untuk membantu meningkatkan ekonomi. pada 11 maret tahun 2020 dimana organisasi kesehatan dunia WHO mengumumkan adanya wabah pandemi global hal ini pun memicu matinya sektor industri pariwisata dalam waktu yang tidak di tentukan. Seperti yang di beritakan oleh media informasi dikatakan bahwa Virus Covid-19 akan mengakibatkan Sekitar 50 juta orang akan kehilangan pekerjaan di sektor pariwisata akibat pandemi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemasaran interaktif dinas pariwisata dan ekonomi kreatif Bone Bolango dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan minat calon wisatawan sehinga dapat melakukan kegiatan kunjungan pada era new normal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan teori pemsaran interaktif karena teori ini sangat tepat di gunakan untuk memasarkan pariwisata untuk memenuhi protokol kesehatan sehinga dapat menciptakan interaktsi dengan penguna media interaktif.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metod pengumpulan data melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi hasil penelitian penulis, yaitu media sosial Facebook menjadi media yang mendapatkan Feedback dari penguna media sosial yang ikut dalam menjadi calon wisatawan. Serta dalam pademi Covid-19 pihak instansi dinas pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menyampaikan informasi yang cepat tentang perkembangan kunjungan destinasi Bone Bolango.
Kata Kunci: Pemasaran Interaktif, Wisata, New Normal
Download berkas