Penulis / NIM
SITI KHUMAIRA DENGO / 291416003
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui penerapan reward dan punishment pada siswa SMP Negeri 1 Tapa sebagai motivasi dalam meningkatkan minat belajar luring dan daring di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah guru-guru SMP Negeri 1 Tapa telah menerapkan pemberian reward dan punishment pada siswa selama belajar luring dan daring di masa pandemi COVID-19, baik dalam bentuk verbal, nonverbal, lisan, maupun tulisan. Reward yang diberikan berupa reward nonfinansial, yaitu senyuman, pujian atau sanjungan, acungan jempol, tepuk tangan, penyebutan nama (positif), serta penambahan nilai. Sementara itu, punishment yang diberikan berupa hukuman preventif dan hukuman represif. Hukuman preventif lebih mengarah ke peringatan, sedangkan hukuman represif yang diberikan berupa teguran, penyebutan nama (negatif), muka masam, serta pengurangan nilai. SMP Negeri 1 Tapa sama sekali belum menerapkan punishment berupa pemberian sanksi.
Keyword: Komunikasi vertikal, guru, siswa, reward, punishment, luring, daring, pandemi COVID-19
Download berkas