SKRIPSI

Penulis / NIM
KHADAFI ALVARO MASLOMAN / 291416006
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAHMATIAH, S.Pd., M.Si / 0011117503
Abstrak
STRATEGI MEDIA RELATIONS DALAM MENGOPTIMALKAN PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK KEPADA MASYARAKAT (Studi Pada Humas Kabupaten Gorontalo) Khadafi Alvaro Masloman Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Media relations atau hubungan pers adalah upaya untuk mencapai publikasi yang maksimum atas suatu informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi atau perusahaan yang bersanngkutan, public relations atau humas merupakan fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama suatu organisasi dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani masalah atau isu manajemen. Adapun rumusan masalahnya, yaitu Bagaimana Strategi Media Relations Dalam Mengoptimalkan Penyampaian Informasi Publik Kepada Masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait strategi media relations dalam mengoptimalkan penyampaian informasi publik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumen. Adapun yang menjadi hasil penelitian penulis, yaitu humas dan media memiliki hubungan erat serta saling membutuhkan bahkan saling ketergantungan satu sama lain dalam konteks penyampaian informasi, adanya komitmen melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan strategi yang dilakukan adalah pembagian Masing-masing Operasional Perangkat Daerah (OPD) kepada Masing-masing wartawan untuk mengantisipasi adanya berita miring pada OPD yang terkait serta kemitraan yang melibatkan semua media yang ada di Kabupaten Gorontalo hingga mencapai tujuan menjaga netralitas dan objektifitas terhadap informasi sesuai fakta dengan cara harus terjun ke lapangan langsung. Prinsip media relations memiliki langkah-langkah diantaranya by servicing the media, by estabilishing a reputations for reliability, by supplying good copy, by cooperations in providing material, by providing verivication facilities, by building personal relationship with the media. Kata Kunci : Strategi, Media Relations, Humas, Tujuan, Prinsip
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011