Penulis / NIM
SUKMAWATI Y. ALI / 291416020
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAMLI MAHMUD, S.Pd, M.A / 0903058201
Abstrak
Komunikasi politik merupakan proses penyampaian pesan-pesan politik yang berasal dari komunikator politik (source, encoder, sender, actor) sebagai pihak yang memulai dan mengarahkan suatu tindakan komunikasi. Komunikasi politik memuat lambang-lambang atau simbol-simbol komunikasi yang berisi pesan-pesan simbolik politik dari seseorang atau kelompok kepada orang lain dengan tujuan untuk membuka wawasan atau cara berpikir, serta dapat memeberi pengaruh p sikap dan tingkah laku khalayak yang menjadi target politik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan citra politik yang dibangun pasangan Chamdi-Tomy serta mengidentifikasi Citra Anak Muda dalam penyampaian pesan mereka selama kampanye. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Peirce untuk melihat pesan simbolik pasangan ChamdiTomy di media social. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan Chamdi-Tomy menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal dalam kegiatan kampanye. Hal ini dilakukan agar bisa menarik pemilih di kabupaten Gorontalo. Pesan-pesan simbolik disampaikan melalui strategi Citra Anak Muda serta jargon milenial yang meliputi penggunaan atribut-atribut yang menggambarkan anak muda seperti jeans, kaos, dan sneaker serta pesan simbolik seperti simbol berpegangan tangan dan simbol hati. Strategi kampanye juga menggunakan media social seperti Facebook, instagram, serta whatsapp.
Kata Kunci: pesan simbolik, media sosial, Citra Anak Muda, kampanye
Download berkas