Penulis / NIM
FITRIA GOBEL / 291416042
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
NOVI RUSNARTY USU, S.Pd., MA / 0011018001
Abstrak
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK KURANG MAMPU MELALUI PROGRAM FUN EDUCATION
(Studi Deskriptif Pada Kegiatan Komunitas Respect)
Fitria Gobel
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Strategi komunikasi merupakan paduan perencanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun rumusan masalahnya, yaitu bagaimana strategi komunikasi yang digunakan dalam mengembangkan karakter anak-anak kurang mampu melalui program fun education pada kegiatan komunitas Respect. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam suatu program pengembangan karakter anak yaitu fun education yang dilakukan oleh komunitas Respect.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh komunitas Respect dalam mengembangkan karakter anak kurang mampu melalui progran fun education adalah membuat metode pembelajaran unik yang disajikan dalam bentuk permainan yang menarik, menyemangati secara kreatif, memberi praktik materi pembelajaran, serta memuji anak dalam setiap perbuatannya.
Kesimpulannya, strategi komunikasi yang diterapkan oleh komunitas Respect melalui berbagai kegiatan dapat mengembangkan karakter anak. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap dan tingkah laku anak didik. Serta saran peneliti dalam penelitian ini yaitu Respect perlu menambah waktu dalam proses belajar mengajar agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Respect, Fun Education
Download berkas