Penulis / NIM
MERIANA HADJARATI / 291416055
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
NOVI RUSNARTY USU, S.Pd., MA / 0011018001
Abstrak
Abstrak
Meriana Hadjarati. 2020. Interaksi Sosial Anak Tunarungu (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo) Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas IlmuSosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Oleh ZulaehaLaisa, S.Sos, M.Si (Pembimbing I) dan, Novi Rusnarty UsuS.Pd, M.A (Pembimbing II).
Interaksi sosial sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang agar bisa hidupdalam lingkungan sosial bermasyarakat. Adapun rumusan masalahnya, yaitu bagaimana interaksi sosial anak tunarungu studi kasus pada Abdul Kadir Umar mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahu iinteraksi sosial anak tunarungu studi kasus pada Abdul Kadir Umar mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teoriinteraksi simbolik. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi sosial anak Tunarungu terdapat tiga bagi anyai tu interaksi sosial anak tunarungu dengan sesama anak tunarungu, interaksi sosial anak tunarungu dengan orang normal dan komunikasi antar pribadi.
Kesimpulannya, interaksisosialanaktunarungudapatberjalanbaikdengansesamaanaktunarungumaupundengan orang normal denganmenggunakanbahasa oral yang diperjelas oleh gesturtubuh. Meskimempunyaibeberapakendaladalamberinteraksinamunbisa di atasidenganbaikmenggunakan tulisan. Komunikasiantarpribadi juga perludilakukanuntukmeningkatkanperkembangananaktunarungu.
Kata Kunci :InteraksiSosial, Anak tunarungu
Download berkas