Penulis / NIM
SITI NURHALIZAH AHMAD / 291416080
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUMARJO, S.Pd., M.Si / 0009067607
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
GAYA KOMUNIKASI PEDAGANG TIONGHOA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR SATYA PRADJA
Siti Nurhalizah Ahmad
Skripsi Jurusan Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Gaya komunikasi merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi proses terjadinya komunikasi, meliputi pesan secara verbal maupun nonverbal, dalam hal ini tentu latar belakang dari seorang komunikator berpengaruh dalam terbentuknya gaya komunikasi dari individu itu sendiri. Dengan mempelajari gaya komunikasi seseorang kita dapat dengan mudah memahami maksud dari pesan yang ingin disampaikan, sehingga komunikasi akan berlangsung dengan efektif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana gaya komunikasi kelompok etnis pedagang Tionghoa di pasar Satya Pradja kota Gorontalo?. Berdasarkan rumusan masalah, maka peneliti merumuskan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi kelompok etnis pedagang tionghoa dalam proses transaksi jual-beli di pasar Satya Pradja.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian ini memaparkan bagaimana gaya komunikasi kelompok etnis pedagang Tionghoa dalam proses transaksi jual beli di pasar Satya Ptadja, yang kemudian di analisis berdasarkan uraian kategori gaya komunikasi menurut Norton dalam (Liliweri, 2011). Hasil penelitian dari sepuluh sample pedagang yang berasal dari kelompok etnis Tionghoa, tujuh diantaranya masuk dalam kategori gaya komunikasi yang sama, yaitu gaya komunikasi tepat (Precise style), yang merupakan gaya komunikasi yang bersifat tepat dan akurat tanpa adanya basa-basi yang sekedar untuk membangun hubungan baik antara komunikator dan komunikan.
Kesimpulannya, Gaya komunikasi sangat berpengaruh pada jalannya komunikasi, hal ini disebabkan karena proses penyampaian pesan dengan gaya yang berbeda-beda tentu akan menghasilkan efek yang berbeda pula, akan terlihat jelas perbedaan perilaku, sikap, dan respon yang muncul saat komunikasi terjadi, terutama pada komunikasi yang terjadi antarbudaya/antaretnis. Ada beberapa hal yang mempengaruhi gaya komunikasi kelompok etnis Tionghoa, salah satunya berasal dari budaya mereka yang meyakini komunikasi sebagai harmoni yang harus dijaga, oleh sebab itu kalimat-kalimat atau kata-kata yang tidak begitu penting sering dihindari dalam proses komunikasi untuk menjaga keharmonisan dalam komunikasi. Latar belakang budaya merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada seseorang dalam bersosialisasi, terutama pada gaya komunikasi.
Kata kunci: Komunikasi, Gaya Komunikasi, Kelompok Etnis, Pasar Tradisional
Download berkas