Penulis / NIM
AMELLIA GITA PRASTIWI / 291416087
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
SAINUDIN LATARE, S.Pd.,M.Si / 0010087509
Abstrak
STRATEGI PERUSAHAAN START-UP DALAM MEMBAGUN PENGETAHUAN MEREK
(Studi pada NUJEK Gorontalo)
Amellia Gita Prastiwi
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
ABSTRAK
Ketatnya persaingan antar para perusahaan jasa transportasi berbasis aplikasi digital atau lebih dikenal dengan Start-Up dalam menarik perhatian konsumen menuntut perusahaan membuat strategi yang tepat dalam memperkenalkan merek jasa mereka, sehingga dapat membangun pengetahuan tentang merek tersebut di benak konsumen. Nusantara Ojek (NUJEK) merupakan produk jasa berbasis digital yang menyediakan layanan trasportasi online, pengiriman barang, pesan antar makanan, belanja kebutuhan sehari hari dan penyedia jasa professional secara on demand melalui aplikasi mobile NUJEK. Yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Perusahaan Start-Up Dalam Membangun Pengetahuan Merek.
Tujuan Penelitian ini untuk menjadi bentuk Karya Ilmiah yang dapat mendeskripsikan Bagaimana Strategi Perusahaan Start-Up Dalam Membangun Pengetahuan Merek.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teori Bauran Pemasaran Jasa (Marketing Mix). Hasil dari Penelitian ini : 1) Strategi door to door, 2) Membuat kegiatan sosial seperti: bagi bagi takjil di bulan Ramadhan, kegiatan pungut sampah dan touring gathering para driver NUJEK bersama Bank Sinarmas, 3) Para driver membantu mempromosikan NUJEK kepada konsumen. 4) NUJEK menggunakan media sosial Facebook dan Instagram serta memberikan promo kepada konsumen dan driver.
Kesimpulan dalam penelitian ini, NUJEK menggunakan beberapa strategi yang meminimalisir anggaran dalam membangun Pengetahuan Merek di Provinsi Gorontalo. Saran penulis dalam penelitian ini yaitu aplikasi NUJEK lebih ditingkatkan serta promosi NUJEK diperluas.
Kata Kunci :Start-Up, Strategi, NUJEK, Pengetahuan Merek, Marketing Mix.
Download berkas