Penulis / NIM
KADEK WIDIANA / 291416100
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Abstrak
Bhagavad Gita merupakan salah satu dari kitab suci agama Hindu. Kitab suci merupakan sebuah pedoman hidup yang sudah seharusnya dipelajari, dipahami serta diterapkan dalam kehidupan ini. Namun, berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan, masih terdapat banyak masyarakat yabg memiliki kesadaran yang minim untuk mempelajari dan memahami Bhagavad Gita. Melihat fenomena tersebut, Bhagavad Guta Study Group hadir untuk membantu masyarakat serta memotivasi masyarakat agar mau mempelajari Bhagavad Gita melalui kegiatan BGSG. Cara yang digunakan oleh BGSG untuk menarik minat masyarakat tersebut adalah dengan menerapkan teknik komunikasi persuasif.
Skripsi ini mengenai bagaimana proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh BGSG di Gorontalo serta bagaimana efek yang terjadi pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Adapun informan yang digunakan yaitu I Nengah Sadra (Ketua BGSG), I Putu Sudarma (Bendahara BGSG), Komang Sugianti dan Wayan Heri serta 34 orang sampel yang diambil secara purposive pada organisasi DPP Peradah Gorontalo, KMHDI Gorontalo dan UKM-H DNC.
Setelah proses penelitian dilakukan, dapat diketahui bahwa teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh persuader yaitu teknik tataan, teknik integrasi, teknik ganjaran dan teknik asosiasi. Sedangkan efek yang diperoleh dari masyarakat yaitu masyarakat yang tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan BGSG lebih mendominasi dibandingkan dengan masyarakat yang mau mengikutu kegiatan BGSG. Hal ini menunjukan bahwa teknik-teknik yang diterapkan oleh BGSG tersebut gagal.
Download berkas