Penulis / NIM
DIAJENG MUSTIKA GRIYA / 291416102
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAHMATIAH, S.Pd., M.Si / 0011117503
Abstrak
STRATEGI KOMUNIKASI PADA PENCAPAIAN TUJUAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SMK N 3 GORONTALO
(studi deskriptif pada Tim BK program penguatan pendidikan karakter)
Diajeng Mustika Griya
Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
ABSTRAK
Penyimpangan karakter yang masih terjadi pada peserta didik menempatkan kembali program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), seluruh lembaga pendidikan wajib melaksanakan program tersebut. Lembaga pendidikan SMK N 3 Gorontalo menyelenggarakan PPK melalui banyak strategi, salah satunya dilaksanakan melalui tim BK. Adapun Rumusan masalahnya, yaitu Bagaimana Strategi Komunikasi tim Bimbingan Konseling pada pencapaian Tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMK N 3 Gorontalo oleh tim BK kepada peserta didik.
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis proses strategi komunikasi tim BK dengan peserta didik pada pencapaian tujuan penguatan pendidikan karakter (PPK).
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui tahapan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun yang menjadi hasil penelitian penulis, yaitu strategi komunikasi tim Bimbingan Konseling pada pencapaian program penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMK N 3 Gorontalo, sudah efektif dan sesuai dengan teoritis. Strategi komunikasi tim Bimbingan konseling dalam melakukan proses komunikasi dengan peserta didik, menggunakan strategi komunikasi interpersonal dengan pendekatan Humanismeagar menghasilkankomunikasi yang terbuka dan efektif, serta tim juga membuat banyak program agar terjadinya perubahan dan guna memaksimalkan pencapaian PPK tersebut.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Penguatan Pendidikan Karakter
Download berkas