Penulis / NIM
HARIYANTO SIMON / 291416103
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Pembimbing 2 / NIDN
SAINUDIN LATARE, S.Pd.,M.Si / 0010087509
Abstrak
Proses Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau informasi kepada orang lain. pesan yang disampaikan harus bisa diterima atau dihayati oleh penerima pesan agar tidak terjadi suatu kesalahan dalam sebuah pemaknaan pesan. Melalui proses komunikasi antara guru dan siswa menjadi hal yang sangat dipertanyakan yang ditemukan bebepara perilaku siswa yang menunjukan tidak adanya sinkronisasi antara tujuan dan hasil dari komunikasi yang dibangun.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses komunikasi dalam pembelajaran khususnya kelas 2D adalah dengan menunjukan unsur proses komunikasi yang berupa pengirim pesan, simbol atau isyarat, media, penerima pesan, balikan (feedback) dan gangguan. Sehingga dapat membentuk komunikasi yang lebih efektif dalam proses pembelajaran berlangsung.
Kesimpulannya, kelas 2D adalah kelas yang pasif untuk memahami materi dalam proses pembelajaran berlangsung. Di mana kelas ini juga merupakan kelas yang dikhususkan dalam proses pembelajaran yang penjelasannya materi harus diulang-ulang dan lebih pada intinya. Serta saran peneliti dalam penelitian yaitu untuk semua guru atau pimpinan tidak harus memebeda-bedakan antara kelas yang pasif dan aktif dalam menerima proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas.
Kata kunci: Proses Komunikasi, Komunikasi Pendidikan, Anak Usia Remaja
Download berkas