Penulis / NIM
REZA REZKY FIRMANSYAH / 291417010
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Pembimbing 2 / NIDN
dr. SRI MANOVITA PATEDA, M. Kes, Ph.D / 0001118004
Abstrak
ADAPTASI INTERAKSI NONVERBAL ANTARA PERAWAT DAN KELUARGA PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROF. DR. H. ALOEI SABOE
Reza Rezky Firmansyah
Skripsi Jurusan Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Perawat dan keluarga pasien yang merupakan individu asing memerlukan adaptasi interaksi. Komunikasi yang kurang baik antara tenaga kesehatan dan pasien maupun keluarga pasien dapat menjadi sesuatu yang menghambat proses interaksi di antara mereka. Elemen penting dalam adaptasi interaksi seperti penggambaran emosi, konsep diri, bahkan posisi tubuh termasuk dalam komunikasi nonverbal. Dalam hal ini, rumusan masalah riset meliputi: (1) Bagaimana adaptasi interaksi antara perawat dan keluarga pasien rawat jalan; dan (2) Bagaimana pelanggaran harapan antara perawat dan keluarga pasien rawat jalan. Dari perumusan masalah, peneliti ini bertujuan yaitu: (1) Untuk mengetahui serta mendeskripsikan adaptasi interaksi nonverbal yang terjadi antara perawat dan keluarga pasien rawat jalan; dan (2) untuk menemukan bentuk-bentuk pelanggaran harapan antara perawat dan keluarga pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. H. Aloei Saboe.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif yang melibatkan 12 informan yang terdiri dari 6 perawat dan 6 keluarga pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi interaksi diawali dengan adanya tiga unsur yaitu, kebutuhan, harapan, dan hasrat yang nantinya akan menentukan respon balik dari lawan interaksi. Dalam adaptasi interaksi yang dilakukan juga terdapat pelanggaran harapan yang diklasifikasikan dalam dua jenis pelanggaran yaitu pelanggaran harapan positif dan pelanggaran harapan negatif. Penerapan nonverbal juga ditemukan dalam adaptasi interaksi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi antara perawat dan keluarga pasien rawat jalan yang dibatasi oleh waktu tetap perlu melakukan adaptasi interaksi yang melakukan penerapan nonverbal. Sehingga untuk jangka panjang adaptasi interaksi yang dilakukan dapat mempermudah untuk interaksi-interaksi yang akan datang dalam hal ini yaitu untuk berobat kembali sesuai dengan anjuran dari petugas kesehatan.
Kata kunci: Adaptasi Interaksi, Pelanggaran Harapan, Perawat, Keluarga Pasien, Nonverbal
Download berkas