SKRIPSI

Penulis / NIM
JOHN ROBINSON S / 291417030
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
SITI MAYASARI PAKAYA, S.Sos., M.I.Kom / 0015059009
Abstrak
ABSTRAK John Robinson S. 2022.Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pelayanan Masyarakat Di Kantor Bea Cukai Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Yoan Tamu, S.Ag, MA (Pembimbing I) dan Siti Mayasari Pakaya, S.Sos, M.I.Kom (Pembimbing II). Pola Komunikasi merupakan suatu pola yang digunakan dalam komunikasi dikantor Bea Cukai dimana pola ini berguna untuk menjalankan komunikasi baik antara pemimpin dan bawahan dalam pelayanan masyarakat di kantor Bea Cukai Gorontalo. Dalam memperoleh keberhasilan Bea dan Cukai Gorontalo membutuhkan Pola Komunikasi dalam pelayanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan Mengetahui bentuk pola komunikasi organisasi yang ada dalam Pelayanan Masyarakat di Kantor Bea Cukai Gorontalo Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampling purposif teknik ini mencakup pegawai Bea Cukai Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa pola komunikasi organisasi di kantor Bea Cukai yaitu Pola Lingkaran seperti sosialisasi tentang bea cukai kepada masyarakat berupa pelayanan langsung kepada masyarakat berupa penyuluhan serta memberikan edukasi mengenai Bea Cukai, maka dari itu ada beberapa kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan seperti Customs Visit Customer (CVC), Customs Visit On The School (COTS), Customs On The Road (GACOR), Customs Visit Government (CVG), dan Kunjungan pasar yang dilaksanakan rutin oleh Kantor Bea Cukai menjadi wujud adanya pola komunikasi lingkaran. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Pola Lingkaran digunakan sosialisasi tentang bea cukai kepada masyarakat berupa pelayanan langsung kepada masyarakat berupa penyuluhan serta memberikan edukasi mengenai Bea Cukai, Pola Roda digunakan dalam arahan dan informasi yang berasal dari pemimpin terlebih dahulu disampaikan kepada setiap kepala staf nantinya akan diberitahukan kembali kepada setiap staf beserta jajaran, Pola Rantai digunakan pada kunjungan sosialisasi tentang Bea Cukai yang dilakukan di pemerintah daerah kemudian pemerintah daerah mensosialisasikan kepada masyarakat setempat, Pola Y digunakan ketika ekspor dan impor barang harus melalui kantor Bea cukai untuk pengurusan admitrasi, proses pemeriksaan sebelum sampai ketangan konsumen Kata kunci: Bea Cukai, Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011