Penulis / NIM
ZIAT HASAN / 291417043
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Abstrak
PERILAKU KOMUNIKASI COLLECTOR DALAM PROSES PENAGIHAN KEPADA DEBITUR DI PT. NUSANTARA SAKTI CIPTADANA FINANCE (NSC) CABANG GORONTALO
Ziat Hasan
Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jend. Sudirman, No. 06, Gorontalo 96128
Email: Ziathasan_s1komunikasi2017@mahasiswa.ung.ac.id
ABSTRAK
Seperti yang kita ketahui, stigma masyarakat terhadap leasing tidak selalu positif, fakta di lapangan menyatakan bahwa leasing menunjuk collector untuk menyelesaikan masalah finansial antara nasabah dan perusahaan. Saat ini kasus mengenai penjualan kenderaan ilegal atau yang tidak memiliki surat-surat sudah banyak terjadi di Gorontalo, hal tersebut tidak luput dengan kasus yang ada di pt nsc finance gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu sebagai bentuk karya ilmiah yang dapat men deskripsikan perilaku komunikasi Collector pada proses penagihan kepada debitur. Penelitian ini menggunakan teori Peran, selain itu juga penelitia ini juga didukung dengan model komunikasi koersif yang relevan dengan penelitian yang peneliti lakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengambil delapan orang responden yang terdiri dari lima orang informan utama dan tiga orang informan tambahan, peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa setiap collector yang melakukan penagihan kepada debitur memiliki sifat yang berbeda, namun dalam penagihan tersebut, jika debitur tidak melakukan pembayaran maka collector akan melakukan kesepakatan perihal penunggakan yang terjadi, dan apabila setelah terjadi kesepan dan belum juga melakukan pembayaran maka dari pihak collector akan menyita barang tersebut. Apabila barang tersebut sudah berpindah tangan atau kepemilikan, maka masalah tersebut akan diserahka pada pihak kepolisian.
Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Proses Penagihan, Collector, Debitur.
Download berkas