Penulis / NIM
TRIVANA MANANGIN / 291417052
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
Guru sebagai pendidik dan pengajar anak, guru sebagai fasilitator anak, mengembangkan potensi dasar dan kemampuan anak secara optimal, untuk mempersiapkan peserta didik pembentukan dan pengembangan pribadj (sikap mental) siswa. Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukan kesediaan untuk menepati atau memenuhi ketentuan, tata tertib, nilai serta kaidah-kaidah yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam gaya komunikasi guru bimbingan konseling dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya komunikasi guru dalam membuna kedisiplinan siswa yaitu menggunakan gaya komunikasi assertive dan agresive dimana guru cenderung menggunakan gaya komunikasi yang akrab dan santai dengan siswa dan memberikan penekanan-penekanan untuk perubahan perilakunya. Dan dengan adanya pendekatan-pendekatan yang dilakukan guru pada awal semester baru untuk mendiskusikan masalah apa yang terjadi pada siswa saat ini, dan mencari tahu pembawaan sikap dari masing-masing siswa, disitulah bisa diketahui gaya komunikasi seperti apa yang akan guru gunakan dalam membina masing-masing siswa tersebut
Download berkas