Penulis / NIM
SITI DEYSMI ABDULLAH / 291417061
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Pembimbing 2 / NIDN
SITI MAYASARI PAKAYA, S.Sos., M.I.Kom / 0015059009
Abstrak
ABSTRAK
Siti Deysmi Abdullah. 2022. Pemaknaan Pakaian Bekas Sebagai Identitas Fashion Remaja (Studi Deskriptif Pada Konsumen Remaja Yang Membeli Pakaian Bekas Di Toko Meltik). Skripsi Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Noval Sufriyanto Talani , Pembimbing II Siti Mayasari Pakaya.
Bergeraknya pakaian bekas sebagai kebutuhan primer dalam masyarakat yang berdampak pada budaya konsumstif menjadikan pakaian bekas thrifting menjadi tren fashion dikalangan remaja di Kota Gorontalo, Hal ini mengesampingkan dampak negatif menularan penyakit yang ada dalam pakain bekas. Berdasarkan fenomena pakaian bekas yang dibeli remaja di Kota Gorontalo, pada salah satu toko pakaian bekas yaitu Meltik membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana remaja menjadikan pakaian bekas sebagai fashion dan bagaimana remaja memaknai pakaian bekas sebagai identitas fashion. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif, dan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja menggunakan pakaian bekas untuk memenuhi gaya hidup dan untuk mengkomunikasikan identitasnya. Sedangkan dari segi pemaknaan identitas fashion remaja, pakaian bekas dimaknai sebagai pakaian yang dapat mengikuti zaman dan memiliki keunikan.
Kata Kunci : Pemaknaan, Pakaian Bekas, Identitas, Fashion Remaja.
Download berkas