Penulis / NIM
FEBRIYANTI RAZAK / 291417065
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Pembimbing 2 / NIDN
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si / 0012067107
Abstrak
STRATEGI PETUGAS PUSKESMAS TILANGO DALAM PENYULUHAN PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT
Razak, Febriyanti
Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jend. Sudirman, No. 06, Gorontalo 96128
Email : ebyrazak@gmail.com
Abstark
Kebersihan lingkungan menjadi isu penting guna menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat. Masyarakat sebagai subjek yang menempati suatu lingkungan dapat secara langsung berinteraksi dengan lingkungan itu sendiri. Dalam program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang selanjutnya disebut PHBS ini memiliki beberapa tatanan diantaranya PHBS di Rumah Tangga, PHBS di Institusi Pendidikan, PHBS di Tempat Kerja, PHBS di Tempat Umum, PHBS di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Adanya program perilaku hidup bersih dan sehat ini diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan pihak puskesmas atau tenaga kesehatan yang melakukan penyuluhan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini agar berjalan sesuai yang diharapkan dan dapat diterapkan pada lingkungannya. Strategi komunikasi yang baik adalah strategi yang dapat menetapkan atau menempatkan posisi seseorang secara tepat dalam komunikasi dengan lawan komunikasinya, sehingga dapat mencapai tujuan komunikasi yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan teori atribusi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengambil tujuh orang responden yang terdiri dari empat orang responden utama dan tiga orang responden tambahan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan strategi komunikasi penyuluhan program PHBS Puskesmas Tilango. Dimana mengenal khalayak terlebih dahulu kemudian menyusun pesan, dan menetapkan metode. Adapun hambatan yang di alami petugas yaitu hambatan sosiologis, hambatan psikologis, dan hambatan fisik.
kata kunci : PHBS, Strategi Komunikasi, Penyuluhan
Download berkas