Penulis / NIM
MOHAMMAD RIFALDI IZHAR SAIDI / 291417076
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUMARJO, S.Pd., M.Si / 0009067607
Abstrak
Hubungan antara dakwah dengan komunikasi dapat kita lihat dari maksud dan tujuan dilakukannya komunikasi dan dakwah kepada komunikan yaitu adalah untuk menyampaikan pesan-pesan dengan tujuan tertentu. Judul di atas menjadi menarik untuk diteliti sebab menurut para ahli dalam ilmu komunikasi metode komunikasi antarpribadi merupakan metode yang ampuh digunakan oleh komunikator untuk menjadikan pesan yang disampaikan kepada komunikan itu tidak hanya sekedar didengarkan saja akan tetapi juga dapat direalisasikan dalam bentuk perilaku dan tindakan dari komunikan itu sendiri. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui seperti apa bentuk komunikasi antarpribadi yang dikatakan para ahli komunikasi efektif dalam penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan. Sedangkan alasan menariknya kegiatan dakwah Jamaah Tabligh dalam penelitian ini sebab yang menjadi sasaran Jamaah Tabligh dalam berdakwah tidak hanya elemen kognitif komunikan saja akan tetapi juga elemen perilaku dari komunikan yang didakwahi. Dalam hal ini ialah bagaimana pesan-pesa dakwah yang disampaikan para dakwah itu dapat diterima dan direalisasikan dalam bentuk perilaku dan tindakan mad.
Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data kepada 5 orang informan yang peneliti pilih dengan sampling purposive, dari banyaknya data yang didapatkan, peneliti menggunakan teknik reduksi sebagai teknik analisis data untuk mereduksi banyaknya data yang ditemukan sehingga sampai pada data-data yang diperlukan saja. Objek dalam penelitian ini adalah bentuk pesan Jamaah Tabligh sedangkan subjek dalam penelitian ini ialah anggota Jamaah Tabligh itu sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para anggota Jamaah Tabligh tersebut menggunakan metode komunikasi antarpribadi dengan teknik pesan informatif dan persuasif guna memaksimalkan dakwah mereka agar tidak hanya sekedar didengarkan masyarakat akan tetapi juga dapat direalisasikan ke dalam bentuk tindakan dan perilaku.
Kata kunci : Dakwah, Komunikasi Antarpribadi, Jamaah Tabligh.
Download berkas