Penulis / NIM
RAUDIATULFARA DAAPALA / 291418028
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Raudiatulfara Daapala, 2022, Strategi Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Poyowa Besar Kotamobagu (Studi Deskriptif Pada Siswa Tunanetra), Jurusan Komunikasi. dibimbing oleh Citra F.I.L Dano Putri, S.Pd., M.I.Kom selaku Pembimbing I dan Salim Korompot, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan tindakan serta interaksi komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik field research dan library research. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi dalam proses pembelajaran guru dan siswa tunanetra di SLB Negeri Poyowa Besar Kotamobagu, siswa berkebutuhan khusus tunanetra yakni dengan menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran, menyusun pesan yang akan disampaikan, dan memilih media atau saluran komunikasi. Tahapan menyusun pesan agar sampai kepada target sasarannya, para guru tunanetra di SLB Negeri Poyowa Besar Kotamobagu menggunakan tiga sifat pesan dalam proses pembelajaran antara lain informatif, persuasif, dan edukatif. Sedangkan pembelajaran yang diterapkan para guru terhadap siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu berpegang pada beberapa prinsip pengajaran, yaitu prinsip totalitas, prinsip keperagaan, prinsip berkesinambungan, prinsip aktivitas, dan prinsip individual.
Kata Kunci: Strategi komunikasi; Proses Pembelajaran
Download berkas