Penulis / NIM
ZULLAEHA HALA / 291418035
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YOWAN TAMU, S.Ag,.MA / 0006087704
Pembimbing 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstrak
Sebagai negara yang memiliki bermacam-macam suku, adat-istiadat, dan kebudayaan serta keindahan panorama alamnya yang cukup potensial untuk dikembangkan dengan baik, potensi pariwisata Indonesia dapat diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan nasional. Botubarani adalah sebuah desa yang berada di Kabupaten Bone Bolango. Di Botubarani ada wisata alam yang unik dan berbeda dengan wisata alam lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun asing. Botubarani merupakan salah satu objek wisata minat khusus hiu paus yang rencana kedepan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo bahwa objek wisata hiu paus akan di jadikan kawasan konversial.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan Teori Bauran Pemasaran Jasa (Marketing Mix). Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan Dinas Pariwisata untuk mengembangkan wisata alam pantai botubarani menggunakan Media Sosial Facebook dan website. Kemudian para kepala dbidang membantu pengembangan wisata alam botubarani dengan cara mempromosikan wisata alam kepada masyarakat melalui brosur dan peta destinasi yang ada di Kabupaten Bone Bolango.
Kesimpulan dalam penelitian ini, strategi promosi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango dalam pengembangan wisata alam botubarani yaitu menggunakan Media Sosial Facebook dan Website Pariwisata serta mempromosikan dengan cara menyebarkan brosur dan peta destinasi.
Download berkas