Penulis / NIM
JIHAN ARIELLA / 291418088
Program Studi
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Pembimbing 1 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Pembimbing 2 / NIDN
NOVI RUSNARTY USU, S.Pd., MA / 0011018001
Abstrak
Maskulinitas berasal dari konstruksi kejantanan, yang artinya dibuat bukan dilahirkan, bukan pembawaan atau kodrat. Iklan Korea Selatan yang akrab bagi generasi muda di Indonesia mencerminkan perubahan sosial dalam ideologi maskulin, dengan pria beralih ke produk lip tint atau skin care. Orang Indonesia yang menganggap skin care dan lip tint hanya untuk wanita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang ideologi yang digambarkan di balik iklan skincare tersebut. Objek penelitian ini adalah iklan Scarlett whitening yang merupakan brand perawatan kulit di Indonesia. Metode penelitian kualitatif dan semiotika. Menggunakan teori semiotika milik Roland Barthes untuk menganalisis representasi simbol maskulinitas. Hasil penelitian menunjukan pada iklan Scarlett Whitening bahwa Song Joong Ki mempunyai karakter maskulinitas yang berbeda dengan yang ada di Indonesia dengan cara berbicara yang lemah lembut, merawat diri tetapi masih menunjukan sisi maskulinnya dengan menunjukan romantisnya kepada memberikan hadiah kepada Wanita yang dia sayangi, Simbol-simbol ini menunjukan bahwa Song Joong Ki membawa ideologi maskulinitas baru.
Kata Kunci : Iklan, Skin Care, Ideologi, Maskulinitas Baru, Semiotika
Download berkas