Penulis / NIM
ANTON ABDULAH / 311407006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Abdullah, Anton. 2015. " Kemampuan Berpidato Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Gorontalo" Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Fatmah.AR Umar M.Pd. Pembimbing II Dr, AsnaNtelu, M.Hum.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum bisa membaca pidato dengan menggunakan intonasi, artikulasi serta volume suara.
Tujuan penelitian ini yakni untuk memperoleh gambaran bagaimana kemampuan berpidato siswa kelas IX di SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun ajaran 2013/2014.
Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode deskriptif, yakni untuk menggambarkan begaimana kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP di Negeri 6 Gorotalo tahun ajaran 2013/2014. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, dan kemampuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, menganalisis sesuai dengan hasil pengamatan, dan menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukan siswa kelas IX SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun pelajaran 2013/2014 belum mampu menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume suara dengan tepat. Dalam bidang artikulasi, 25 orang siswa yang mendapat kualifikasi kurang yakni 6 siswa (24%), kualifikasi nilai cukup 12 siswa (48%), kualifikasi nilai baik 6 siswa (24%), kualifikasi baik sekali 0 siswa (0%). Dalam bidang artikulasi, dari 25 orang siswa yang mendapat kualifikasi kurang yakni 0 siswa (0%), kualifikasi nilai cukup 2 siswa (8%), kualifikasi nilai baik 21 orang (84%), kualifikasi baik sekali 2 siswa (8%). Dalam aspek volume suara, dari 25 orang siswa yang mendapat kualifikasi kurang yakni 9 siswa (36%), kualifikasi nilai cukup 12 siswa (48%), kualifikasi nilai baik 4 siswa (16%), kualifikasi baik sekali 0 siswa (0%). Hasil tersebut dapat disimpulkan kemampuan berpidato siswa kelas IX di SMP Negeri 6 Gorontalo sangat rendah
Berdasarkan simpulan di atas dapat disarankan khususnya pada guru yang melaksanakan tugas sebagai pengajar khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran berpidato untuk mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif dengan tujuan agar dalam penerapan di lapnagan mempunyai hasil yang maksimal.
Kata kunci: Kemampuan Berpidato Siswa.
Download berkas