Penulis / NIM
MASTINI PONDABO / 311407032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Mastini Pondabo, 2015. Pembelajaran Teks Cerita Pendek Berdasarkan Pendekatan Saintifik di Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Gorontalo TP. 2015/2006. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian yang digunakan, faktor-faktor yang menghambat dalam pembelajaran, dan solusi yang dilakukan guru mengatasi hambatan-hambatan dalam pembelajaran teks cerita pendek berdasarkan pendekatan saintifik di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembelajaran teks cerita pendek berdasarkan pendekatan saintifik di Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Gorontalo, mulai dari RPP yang digunakan guru, pelaksanaan pembelajaran, penilaian yang digunakan dalam pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat dalam pembelajaran, dan solusi yang dilakukan guru mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) RPP yang digunakan guru Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kota Gorontalo dalam pembelajaran teks cerita pendek berdasarkan pendekatan saintifik sudah sesuai dengan format yang ditetapkan dalam Permen Dikbud Nomor 103 tahun 2014, (2) Pelaksanaan pembelajaran teks cerita pendek dengan pendekatan saintifik meliputi; kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (3) Penilaian yang digunakan guru meliputi; penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan, (4) Faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran teks cerpen di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Gorontalo dengan pendekatan saintifik terdiri dari; faktor guru, faktor instrumen penilaian, faktor materi pelajaran, dan dari faktor siswa, (5) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi faktor-faktor penghambat tersebut adalah guru harus kreatif dalam mengembangkan materi-materi pembelajaran teks cerita pendek dengan pendekatan saintifik, baik dari segi perumusan rencana pembelajaran, penguasaan materi pelajaran, penggunaan instrumen penilaian, serta dapat memotivasi siswa untuk aktif dan kreatif mengikuti pembelajaran.
Pembelajaran teks cerita pendek berdasarkan pendekatan saintifik sangat efektif dilaksanakan di Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Gorontalo. Hal pokok yang perlu dilakukan guru terkait dengan pembelajaran ini adalah; format RPP digunakan guru harus sesuai dengan Permen Dikbud Nomor 103 tahun 2014, dan instrumen penilaian harus sesuai dengan Kurikulum 2013 yang meliputi; penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Kata Kunci: Cerita Pendek, Pendekatan Saintifik
Download berkas