Penulis / NIM
NIRWAN MUSTAPA / 311407042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Mustapa Nirwan. Kemampua peserta didik kelas IX-8 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi. Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I (Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd), Pembimbing II (Dr. Hj. Asna Ntelu M.Hum).
Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan yaitu (1) bagaimana kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen (3) bagaimanakah solusi sehingga peserta didik mampu menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diambil dari peserta didik kelas IX-8 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Data tersebut diambil dengan tes kemampuan.
Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh hasil, yaitu (1) kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen yaitu berada pada kategori cukup dengan skor 7.00 (II) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsic cerpen yaitu, faktor guru, metode, media dan peserta didik. (III) solusi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen yaitu, guru, metode pembelajaran, media pembelajaran dan peserta didik.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Kemampuan Peserta Didik Menentukan unsur -unsur intrinsik Kelas IX-8 kota Gorontalo di SMP Negeri 8 kota Gorontalo termasuk kategori cukup dengan perolehan nilai rata-rata 7.00 dengan ketuntasan maksimal 70. Berdasarkan hasil uraian di atas maka dapat dikatakan bahwa peserta didik mampu menentukan unsur -unsur intrinsik cerpen dengan kualifikasi 100%. dengan demikian kemampuan peserta didik dalam menentukan unsur-unsur intrinsik Cerpen termasuk dalam kategori cukup dengan Nilai Rata-rata 7.00%. Faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen yaitu: kondisi fisiologis peserta didik, kondisi psikologis, tenaga pengajar (guru), minat peserta didik dan motivasi peserta didik. Solusi sehingga peserta didik mampu menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen yaitu dengan memperhatikan factor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen, maka dapat dipahami bagaimana solusi sehingga peserta didik mampu menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen.
Kata kunci : Kemampuan, Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Dan Membaca
Download berkas