SKRIPSI

Penulis / NIM
OKTAVIAN ABDJUL / 311407046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Abdjul, Oktavian. 2013: Kemampuan memparafrase puisi peserta didik kelas X/B SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Moh. Karmin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Muslimin, M.Pd. Parafrase adalah proses mengubah puisi menjadi bentuk prosa. Analisis dan daya imaji peserta didik dibebaskan untuk menguraikan secara utuh tentang pilihan kata (diksi) yang dipilih oleh penyair dalam puisinya. Peserta didik dapat dikatakan telah mampu memparafrase puisi dengan baik, jika dapat mengungkapkan maksud dan tujuan dengan jelas sehingga bisa mengungkapkan makna yang terkandung di dalam puisi Permasalahan dalam penelitian ini, yakni : (1) Bagaimana kemampuan peserta didik kelas X/B SMA Prasetya Gorontalo dalam memparafrase puisi, (2) Bagaimana kemampuan peserta didik dalam menentukan makna puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memparafrase puisi peserta didik kelas X/B SMA Prasetya Gorontalo TP. 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik memparafrase puisi. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik observasi dan tes kemampuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara memeriksa hasil pekerjaan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, memberi skor atau penilaian, dan interpretasi. Untuk mengukur kemampuan peserta didik, digunakan PAP (Penilaian Acuan Patokan) dalam penilaian dengan skala bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan memparafrase puisi peserta didik kelas X/B SMA Prasetya Gorontalo TP. 2012/2013 mencapai hasil yang maksimal. 23 orang atau 85% yang dinyatakan tuntas dan 3 0rang atau 11% yang dinyatakan belum tuntas, sementara 1 orang atau 3% dinyatakan gagal. (2) hasil kemampuan peserta didik dalam menentukan makna puisi, 16 orang atau 59% yang dinyatakan tuntas, dan 10 orang atau 37% dinyatakan belum tuntas, sementara 1 orang atau 3% dinyatakan gagal. Jadi dari keseluruhan aspek penilaian diperoleh nilai rata-rata baik 75,14%. Kata Kunci :kemampuan, memparafrase, puisi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011