Penulis / NIM
VELDY KARDI / 311407074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Kardi, Veldy. 2012. Kemampuan Melengkapi Bagian Cerita yang Rumpang Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Bulontio Timur Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd, Pembimbing II Sitti Rachmi Masie, S.Pd, M.Pd
Cerita rumpang adalah cerita yang sengaja dikosongkan untuk mengasah ketelitian pembaca. Penggunaan jenis kata untuk melengkapi cerita rumpang dimaksudkan agar para siswa mampu melengkapi cerita rumpang selain itu siswa pun mengasah ketelitian dalam menggunakan kata. Pada penggunaan kata ini siswa akan dilihat apakah mampu menggunakan kata untuk melengkapi cerita yang rumpang. Berdasarkan latar belakang maka masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan melengkapi bagian cerita yang rumpang dengan menggunakan nomina, verba, ajdektiva dan kata tugas. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi dari kemampuan melengkapi cerita rumpang pada siswa kelas IV . Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini siswa dan guru akan lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan kata dalam melengkapi cerita rumpang guru dapat menerapkan strategi pembelajaran terutama pada ketampilan menulis. .
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, selain itu penelitian memiliki populasi dan sampel, data penelitian berasal dari siswa dan LKS yang di gunakan untuk melengkapi cerita rumpang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Bulontio Timur dengan subjek penelitian pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan. Teknik analisis data yaitu membaca dan memeriksa hasil siswa, penskoran, mengklasifikasikan kemampuan siswa dengan lima kategori yaitu baik sekali, baik, cukup, kurang, dan gagal.
Hasil penelitian ditemukan antara lain kemampuan siswa menggunakan nomina untuk melengkapi cerita rumpang secara keseluruhan berada dalam kategori baik yakni 79.44%, kemampuan siswa menggunakan adjektiva untuk melengkapi cerita rumpang secara keseluruhan berada dalam kategori cukup yakni 73.22 %, kemampuan siswa menggunakan verba untuk melengkapi cerita rumpang secara keseluruhan berada dalam kategori baik yakni 78%, kemampuan siswa menggunakan kata tugas melengkapi cerita rumpang secara keseluruhan berada dalam kategori cukup yakni 74.11%.
Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa siswa telah mampu melengkapi bagian cerita yang rumpang dengan menggunakan nomina, adjektiva, verba, dan kata tugas dengan capaian siswa yaitu secara rata-rata siswa berada pada kategori baik, maka disarankan bagi peneliti lanjutan perlu dilakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan kajian yang berbeda misalnya dengan menggunakan metode pembelajaran .
Kata Kunci : Cerita Rumpang, Siswa, Sekolah
ABSTRACT
Kardi, Veldy. 2012. ability equips story part rumpang in class student IV at sdn 1 Bulontio Timur, Kecamatan Sumalata Kabupten Gorontalo Utara school year 2010-2011. Skripsi, Indonesian Language and Literature departmen Faculty of Letter and Culture, State University of Gorontalo. Adviser I Mrs. Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd and adviser II Mrs. Sitti Rachmi Masie, S.Pd, M.Pd
Story rumpang story expressly emptied to sharpen reader accuracy. Type of word use to equip story rumpang meant so that students can to equip story rumpang besides student even also sharpen accuracy in use word. In this word use is student will be seen to what to can to use word to equip story rumpang. based on background so problem that lifted in this watchfulness how does ability equip story part rumpang by using nomina, verba, ajdektiva and task word. This watchfulness aim is to gets description from ability equips story rumpang in class student IV. Benefit that got from this watchfulness is student and teacher more will detect to how manner uses word in equip story rumpang teacher can apply study strategy especially in craft write.
Watchfulness method that used descriptive method, besides has population and sample, watchfulness data comes from student and lks at use to equip story rumpang. This watchfulness is carried out at SDN 1 Bulontio Timur with subjek watchfulness in class student iv. File collecting technique ability test. File analysis technique that is read and investigate student result, penskoran, clasify student ability with five categories that is very well, good, enough, less, and fail.
Watchfulness result is found among others student ability uses nomina to equip story rumpang as a whole stay in good category that is 79.44%, student ability uses adjektiva to equip story rumpang as a whole stay in category enough that is 73.22 %, student ability uses verba to equip story rumpang as a whole stay in good category that is 78%, student ability uses task word equips story rumpang as a whole stay in category enough that is 74.11%.
Based on discussion result so inferential that student has caned to equip story part rumpang by using nomina, adjektiva, verba, and task word with student performance that is averagely student presents in good category, so suggested for continuation researcher necessary done watchfulness continuation more deepen with different study for example by using study method.
Keyword: That Story , Student, School
Download berkas