Penulis / NIM
DELVIYANTI KASAN / 311408010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Delviyanti Kasan. Kemampuan menentukan fakta dan opini dala teks editorial dengan membaca intensif pada peserta didik kelaas XI IPA2 MAN Model Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013, Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Sastra dan Budaya, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Idonesia. Pembimbing I Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum dan pembimbing II Salam, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan, yaitu bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas XI IPA2 MAN Model Gorontalo menentukan fakta dalam teks editorial dengan membaca intensif dan bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas XI IPA2 MAN Model Gorontalo menentukan opini dalam teks editorial dengan membaca intensif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan peserta didik menentukan fakta dan opini dalam teks editorial dengan membaca intensif, dan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes kemampuan. Teknik analisis data menggunakan teknik PAP. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan peserta didik termasuk kategori baik sekali berjumlah 2 orang atau 10%, kemudian jumlah peserta didik yang masuk pada kategori baik 2 orang atau 10%, dan jumlah peserta didik yang masuk pada kategori cukup 12 orang atau 45% serta jumlah peserta didik yang masuk pada kategori kurang 11 orang atau 35% dengan jumlah nilai rata-rata 67,77.
Download berkas