Penulis / NIM
EKANOVIYANTI JAINI / 311408014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Jaini, Ekanoviyanti. 2013. Nim 311408014. Kemampuan Mengomentari Buku Cerita dengan Alasan Logis Pada Peserta Didik SMP Negeri 6 Gorontalo.Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Supriyadi, M.Pd.
Kata Kunci: Mengomentari, Buku Cerita, dengan Alasan yang Logis.
Latar belakang masalah adalah peserta didik SMP Negeri 6 Gorontalo belum memiliki kemampuan membaca, hal ini disebabkan oleh kurang mampunya peserta didik menyimpulkan, mengomentari, teks bacaan yang dibaca. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah(1) bagaimanakah kemampuan menentukan bagian-bagian buku cerita yang perlu dikomentari oleh peserta didik SMP Negeri 6 Gorontalo? (2) bagaimanakah kemampuan mengomentari dengan alasan logis tentang isi cerita yang dibaca oleh peserta didik SMP Negeri 6 Gorontalo?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengomentari buku cerita yang dibaca peserta didik SMP N 6 Gorontalo.
Peneliti menggunakan metode Deskriptif. Metode ini digunakan dengan maksud mendeskripsikan kemampuan mengomentari buku cerita yang dibaca peserta didik SMP Negeri 6 Gorontalo. Untuk mengukur kemampuan peserta didik kelas VII/10 digunakan tes kemampuan. Penilaiannya berdasarkan aspek dan indikator penilaian yang ditentukan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa pada aspek menentukan bagian-bagian buku cerita yang dibaca dikategorikan cukup sebab dari 34 peserta didik yang kemampuannya berada pada kategori kurang ada 15 orang (45%), kategori cukup ada 12 orang (35%), kategori baik ada 6 orang (18%), sedangkan kategori baik sekali berjumlah 1 orang (2%). Pada aspek kedua mengomentari isi cerita dengan alasan logis dikategorikan baik sebab dari 34 peserta rata-rata berada pada kategori baik. Dari 34 orang peserta didik, Jumlah peserta didik yang kemampuannya berada pada kategori kurang ada 8 (24%), yang memperoleh kategori cukup ada 10 orang (29%), kategori baik ada 6 orang (18%), sedangkan kategori baik sekali berjumlah 10 orang (29%)
Dari hasil penelitian dikatakan bahwa peserta didik kelas VII/10 SMP N 6 Gorontalo dapat dikategorikan cukup. Diketahui bahwa dari keseluruhan peserta didik yang berjumlah 34 orang, peserta didik yang memperoleh kategori baik sekali berjumlah 1 orang (3%), peserta didik yang memperoleh nilai baik sebanyak 14 orang (42%), peserta didik yang memperoleh kategori cukup sebanyak 15 orang (44%), dan peserta didik yang memperoleh nilai kurang 4 orang (11%).Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengomentari buku cerita dikategorikan cukup.
Download berkas