SKRIPSI

Penulis / NIM
ISRA YAHYA / 311408030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK Yahya, Isra. 2013. Kemampuan menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui radio pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Dakia N Djou, M. Hum dan Pembimbing II Hj. Siti Rahmi Masie, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan peserta didik menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui radio? dan (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui radio? (3) upaya apa saja yang dilakukan untuk pemecahan masalah yang mempengaruhi kemampuan peserta didik menemukan pokok-pokok berita? Tujuan utama yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan kemampuan peserta didik menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui radio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan peserta didik kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Gorontalo menemukan pokok-pokok berita dengan jumlah peserta didik 31 orang. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan Penafsiran Acuan Patokan (PAP) dari 0-100%. Berdasarkan analisis dan pembahasan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada aspek menemukan pokok-pokok berita dilihat dari segi tema berita kesehatan peserta didik kelas VIII-2 dikatakan belum mampu, sebab dari 31 orang peserta didik yang memperoleh kualifikasi cukup berjumlah 15 orang (49%) . Sedangkan peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi kurang berjumlah 16 orang (51%). Pada aspek ketiga menemukan pokok-pokok berita dilihat dari tema berita pendidikan peserta didik kelas VIII-2 dikatakan belum mampu, sebab dari 31 orang peserta didik yang memperoleh kualifikasi baik berjumlah 2 orang (10%). Peserta didik yang memperoleh kualifikasi cukup berjumlah 11 orang (15%). Sedangkan peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi kurang berjumlah 18 orang (75%). Pada aspek ketiga menemukan pokok-pokok berita dilihat dari segi tema berita sosial peserta didik kelas VIII-2 dikatakan belum mampu, sebab dari 31 orang peserta didik yang memperoleh kualifikasi baik berjumlah 12 orang (30%). Peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi cukup berjumlah 17 orang (60%). Sedangkan peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi kurang berjumlah 2 orang (10%). Pada aspek keempat menemukan pokok-pokok berita dilihat dari segi tema berita kriminal peserta didik kelas VIII-2 dikatakan belum mampu, sebab dari 31 orang peserta didik yang memperoleh kualifikasi baik berjumlah 9 orang (15%). Peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi cukup berjumlah 18 orang (80%). Sedangkan peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi kurang berjumlah 4 orang (5%). Pada aspek terakhir menemukan pokok-pokok berita dilihat dari segi tema berita kebakaran peserta didik kelas VIII-2 dikatakan sudah mampu, sebab dari 31 orang peserta didik yang memperoleh kualifikasi baik sekali berjumlah 12 orang (22%). Peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi baik berjumlah 17 orang (75%). Sedangkan peserta didik yang termasuk dalam kualifikasi cukup berjumlah 2 orang (3%). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peserta didik belum mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui radio karena adanya dua faktor yaitu faktor guru dan faktor peserta didik. Perlu adanya peningkatan lagi dalam menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui radio. Kata Kunci: Kemampuan menemukan pokok-pokok berita, peserta didik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011