Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang belum bisa menulis dan membacakan puisi sesuai dengan kaidah.Tujuan penelitian ini yakni untuk memperoleh gambaran bagaimana kemampuan siswa membacakan puisi karya sendiri sesuai dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi pada siswa kelas XI.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,yakni untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam membacakan puisi karya sendiri sesuai dengan lafal, intonasi,penghayatan, dan ekspresi.Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik tes,observasi,dan wawancara. Teknik analisis data yang digunkan yaitu megumpulkan data,menganalisis sesuai dengan hasil pengamatan,dan menyimpulkan.Hasil penelitian menunjukanKemapuan siswa membacakan puisi karya sendiri sesuai dengan: (1) lafal dengan perolehan nilai 61% (cukup), (2)intonasi dengan perolehan nilai 61% (cukup), (3) penghayatan dengan perolehan nilai 73% (cukup),dan (4) ekspresi dengan perolehan nilai 77% (cukup) pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan dengan menggunakan hasil kerja,sudah cukup baik dalam membacakan puisi karya sendiri sesuai denganmenggunakan kaidah- kaidah yang ada
Kata kunci: Kemampuan Siswa, Membacakan, Puisi Karya Sendiri