Penulis / NIM
MEIKE SAHABI / 311408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
Meike Sahabi. 2014. Kemampuan Menulis Pantun Pada Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 4 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sayama P. Malabar M.Pd, Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yakni: (1) Bagaimana kemampuan peserta didik menulis pantun sesuai syarat-syarat pantun? (2) Apa kendala pesera didik dalam menulis pantun? (3) Bagaimana solusi untuk memecahkan kendala-kendala yang dialami peserta didik dalam menulis pantun?
Jenis Penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan semua data yang diperoleh, serta memisahkan berdasarkan jenis data, membuat penafsiran data dari hasil wawancara dan pengamatan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Pantun Pada Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 4 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 4 Limboto Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu berjumlah 16 orang peserta didik. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis pantun. Sementara tujuan khusus dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan kemampuan peserta didik menulis pantun sesuai syarat-syarat pantun, (2) mendeskripsikan kendala-kendala peserta didik dalam menulis pantun, (3) mendeskripsikan solusi untuk memecahkan kendala-kendala yang dialami peserta didik dalam menulis pantun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampun peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 4 Limboto Kabupaten Gorontalo TP.2013/2014 menulis pantun termasuk kategori cukup dengan perolehan nilai rata-rata 66,37%. Berdasarkan hasil uraian diatas maka dapat dikatakan bahwa peserta didik mampu menulis pantun pada aspek kesesuaian isi, sampiran, rima, serta jumlah suku kata dalam baris. Hal ini dibuktikan pada hasil pencapaian nilai masing-masing peserta didik.
Kategori baik sebanyak 4 orang atau 25%, kemudian jumlah peserta didik yang masuk pada kategori cukup sebanyak 9 orang atau 36%, serta jumlah peserta didik yang masuk pada kategori kurang sebanyak 3 orang atau 18,75% dengan jumlah nilai rata-rata 66,37.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Pantun
Download berkas