Penulis / NIM
MEY ANGRAENI / 311408041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Mey Angraeni. 2013. Humor di Kalangan Penyiar Radio Nada FM Lokal Gorontalo. Skripsi,program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Dakia N. Djou, M.Hum, dan pembimbing II Salam, S.Pd, M.Pd.
Humor merupakan salah satu variasi pemakaian bahasa yang dapat digunakan oleh setiap penutur bahasa. Termasuk seorang penyiar dan pendengar radio. Humor yang diteliti dalam skripsi ini ialah humor di kalangan penyiar radio Nada FM Lokal Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini menyangkut: jenis, makna, manfaat, dan fungsi humor yang digunakan oleh penyiar dan pendengar Nada FM. Adapun tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang jenis, makna, manfaat, dan fungsi humor di kalangan penyiar radio Nada FM Lokal Gorontalo.
Konsep teori yang digunakan sebagai pengembangan dari teori yang dikemukakan oleh Martin yang menyebutkan dua klasifikasi dan 11 jenis humor di kalangan penyiar. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, menggunakan teknik dokumentasi, dan analisis data menurut permasalahan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat dua klasifikasi humor, yaitu joke atau lelucon dan humor percakapan spontan. Pada jenis percakapan spontan ditemukan 11 humor jenis ini, di antaranya: (i) sarkasme, (ii) retoris, (iii) transformasi, (iv) puns, (v) ambigu, (vi) melebihkan/mengurangi, (vii) ironi, (viii) teasing, (ix) bantahan, (x) serius, dan (xi) meremehkan. Melalui humor, terjalin suatu komunikasi yang harmonis. Penelpon akan merasa akrab dengan si penyiar sehingga mereka akan sering menelpon karena merasa sudah dekat dengan penyiar dan merasa bahwa mereka diajak bersahabat oleh penyiar.Dengan adanya humor yang di lontarkan oleh penyiar, maka si pendengar akan merasa nyaman dalam berkomunikasi. Pendengar akan merasa di ajak bersahabat oleh si penyiar, dan pendengar juga merasa tidak bosan untuk menelpon lagi karena sudah mengetahui bahwa penyiar tersebut sangat humoris dan bersenda gurau lewat udara.
Kata kunci: humor, penyiarradio
Download berkas