SKRIPSI

Penulis / NIM
MEY ANGRAENI / 311408041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK Mey Angraeni. 2013. Humor di Kalangan Penyiar Radio Nada FM Lokal Gorontalo. Skripsi,program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Dakia N. Djou, M.Hum, dan pembimbing II Salam, S.Pd, M.Pd. Humor merupakan salah satu variasi pemakaian bahasa yang dapat digunakan oleh setiap penutur bahasa. Termasuk seorang penyiar dan pendengar radio. Humor yang diteliti dalam skripsi ini ialah humor di kalangan penyiar radio Nada FM Lokal Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini menyangkut: jenis, makna, manfaat, dan fungsi humor yang digunakan oleh penyiar dan pendengar Nada FM. Adapun tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang jenis, makna, manfaat, dan fungsi humor di kalangan penyiar radio Nada FM Lokal Gorontalo. Konsep teori yang digunakan sebagai pengembangan dari teori yang dikemukakan oleh Martin yang menyebutkan dua klasifikasi dan 11 jenis humor di kalangan penyiar. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, menggunakan teknik dokumentasi, dan analisis data menurut permasalahan dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat dua klasifikasi humor, yaitu joke atau lelucon dan humor percakapan spontan. Pada jenis percakapan spontan ditemukan 11 humor jenis ini, di antaranya: (i) sarkasme, (ii) retoris, (iii) transformasi, (iv) puns, (v) ambigu, (vi) melebihkan/mengurangi, (vii) ironi, (viii) teasing, (ix) bantahan, (x) serius, dan (xi) meremehkan. Melalui humor, terjalin suatu komunikasi yang harmonis. Penelpon akan merasa akrab dengan si penyiar sehingga mereka akan sering menelpon karena merasa sudah dekat dengan penyiar dan merasa bahwa mereka diajak bersahabat oleh penyiar.Dengan adanya humor yang di lontarkan oleh penyiar, maka si pendengar akan merasa nyaman dalam berkomunikasi. Pendengar akan merasa di ajak bersahabat oleh si penyiar, dan pendengar juga merasa tidak bosan untuk menelpon lagi karena sudah mengetahui bahwa penyiar tersebut sangat humoris dan bersenda gurau lewat udara. Kata kunci: humor, penyiarradio
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011