Penulis / NIM
MURNIYATI GOBEL / 311408046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Murniyati Gobel. 2013. Penerapan Ejaan Yang Disempurnakan pada Surat Pribadi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Dakia N. Djou, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Asna Ntelu, M.Hum.
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai ejaan yang digunakan peserta didik pada surat pribadi yang meliputi: Penggunaan huruf kapital, penulisan kata dan penggunaan tanda baca. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo, sedangkan sampelnya 80 peserta didik. Teknik yang dilakukan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi.
Sesuai dengan analisis data yang dilakukan, data yang diperoleh adalah (1) ejaan yang digunakan pada surat pribadi peserta didik belum mencerminkan ketentuan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, (2) penggunaan huruf kapital kesalahannya di awal kata, tengah kata dan akhir kata, (3) penulisan kata depan yang tidak terpisah, kata ganti dan partikel yang tidak serangkai,kata ulang tidak dibubuhi tanda hubung, (4) pemakaian tanda baca yang meliputi: Tanda titik, koma, tanda tanya, tanda seru, dan tanda hubung yang salah penggunaannya, (5) penghilangan tanda baca yang meliputi: Tanda titik, koma, tanda tanya dan tanda hubung yang banyak dihilangkan dalam kalimat
Kata kunci: Penerapan, Ejaan yang Disempurnakan, Surat Pribadi
Download berkas