SKRIPSI

Penulis / NIM
SAMRAH NAWAR / 311408062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Samrah Nawar. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Metode Pemodelan Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri I Masama Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Tim pembimbing Prof. Dr. Supriyadi, M. Pd dan Dr. Muslimin, M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami melalui metode pemodelan serta meningkatkan efektifitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran.. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut digunakan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan dan observasi pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diuraikan maka pada observasi awal dapat dijelaskan bahwa terdapat 5 orang peserta didik atau 16,67% yang sudah mampu menulis cerpen dan 25 orang siswa atau 83,3% yang belum mampu menulis cerpen dengan baik. Pada kegiatan penelitian tindakan kelas siklus I kemampuan menulis cerpen dapat ditingkatkan dari 30 peserta didik, ada 12 orang peserta dididk atau 40% mampu menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami. Pada kegiatan penelitian tindakan kelas siklus II kemampuan menulis cerpen dapat ditingkatkan dari 12 orang peserta didik atau 40% menjadi 28 orang peserta didik atau 93.3 %. Ini berarti 2 peserta didik atau 6.6% belum tuntas, dan masih perlu mendapatkan bimbingan yang lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis pada peserta didik kelas IX SMP Negeri I Masama. Sehingga dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditingkat sekolah menengah pertama, guru kelas perlu menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen. Hal ini diperlukan untuk lebih memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: meningkatkan, kemampuan menulis cerpen, metode pemodelan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011