Penulis / NIM
SRI IDAYU KAMARUDIN / 311408071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Sri Idayu, Kamarudin. Nim 311408071. Kemampuan Peserta Didik Kelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo Menulis Teks Pengumuman dengan Bahasa yang Efektif, Baik, dan Benar. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum selaku dosen pembimbing I dan Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya.Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo 2013.
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah (a) bagaimanakah kemampuan peserta didik menulis teks pengumuman dilihat dari aspek ketepatan ejaan?, (b) bagaimanakah kemampuan peserta didik menulis teks pengumuman dilihat dari aspek penggunaan diksi?,(c) bagaimanakah kemampuan peserta didik menulis teks pengumuman dilihat dari aspek keefektifan kalimat?, dan (d) bagaimanakah kemampuan peserta didik menulis teks pengumuman dilihat dari aspek sistematika teks pengumuman. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar. Sementara tujuan khusus dari penelitian ini yaitu (a) mendeskripsikan kemampuan peserta didikkelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo menulis teks pengumuman dilihat dari aspek ejaan, (b) mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo menulis teks pengumuman dilihat dari aspek diksi, (c) mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo menulis teks pengumuman dilihat dari struktur kalimat yang efektif, dan (d) mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo menulis teks pengumuman dilihat dari struktur ketepatan sistematika pengumuman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk mengukur kemampuan peserta didik kelas VII-9 menulis teks pengumuman digunakan tes kemampuan.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa pada dasarnya kelas VII-9 SMP Negeri 6 Gorontalo TP. 2012/2013 sudah mampu menulis teks pengumuman. Tingkat kemampuan peserta didik yang paling baik terdapat pada aspek penggunaan diksi dan keefektifan kalimat. Tetapi, pada aspek keefektifan kalimat, peserta didik berhasil lebih banyak. Sedangkan tingkat kelemahan peserta didik terlihat pada aspek ketepatan ejaan dan aspek sistematika pengumuman.
Kata kunci: Menulis Pengumuman Bahasa yang Efektif, Baik, dan Benar
Download berkas