SKRIPSI

Penulis / NIM
WURYANTY HUSAIN / 311408095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK Husain, Wuryanty. 2013. “Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif dan Induktif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Peserta Didik Kelas IX-5 SMP Negeri 2 Gorontalo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M. Pd, Pembimbing II Herson Kadir, S. Pd, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini, yakni: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis paragraf deduktif dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada peserta didik kelas IX-5 SMP Negeri 2 Gorontalo TP. 2012/2013, (2) Bagaimanakah kemampuan menulis paragraf induktif dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada peserta didik kelas IX-5 SMP Negeri 2 Gorontalo TP. 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf deduktif dan induktif dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada peserta didik kelas IX-5 SMP Negeri 2 Gorontalo TP. 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menulis paragraf deduktif dan induktif dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik observasi dan tes kemampuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara memeriksa hasil pekerjaan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, memberi skor atau penilaian, dan interpretasi. Untuk mengukur kemampuan peserta didik, digunakan PAP (Penilaian Acuan Patokan) dalam penilaian dengan skala bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis paragraf deduktif dan induktif dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada peserta didik kelas IX-5 SMP Negeri 2 Gorontalo TP. 2012/2013 mencapai hasil yang maksimal. Artinya, 69,44% dari jumlah peserta didik di kelas sudah mampu menulis paragraf deduktif dan 83,33% dari jumlah peserta didik di kelas sudah mampu menulis paragraf induktif. Kata Kunci : Paragraf Deduktif dan Induktif, Examples Non Examples.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011