Penulis / NIM
MARYAM ADAM / 311408121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Adam. 2016. "Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Dengilo Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2015/2016", (1) pembimbing Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd selaku pembimbing I 2) Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd selaku pembimbing II) Skripsi,Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi 1) bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dengilo Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dengilo Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) apa saja hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dengilo Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2015/2016? 4) bagaimana upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dengilo Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2015/2016?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi bebas. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa, guru bahasa Indonesia, dan proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) RPP yang digunakan belum seluruhnya sesuai, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas, 1 mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi, 2 mampu menulis puisi dengan memperhatikan unsur persajakan. 3 mampu menyunting pilihan kata dalam puisi yang ditulis. (3) hambatan pembelajaran menulis puisi bebas, diantarannya guru kurang memperhatikan poin-poin kegiatan pembelajaran yang ada dalam RPP, guru belum memaksimalkan metode pembelajaran yang digunakan, guru tidak memberikan evaluasi pembelajaran, siswa belum memahami materi secara mendalam, dan siswa kurang disiplin dan perhatian dalam mengikuti pembelajaran, (4) upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas, di antarannya adalah memperhatikan kembali poin-poin kegiatan dalam RPP, memaksimalkan metode pembelajaran yang digunakan, memberikan evaluasi pembelajaran, selalu bertanya kepada guru terhadap materi yang belum dipahami, dan memberikan tanggung jawab atau peran pada masing-masing siswa.
Kata-kata kunci: pembelajaran, menulis puisi bebas
Download berkas