Penulis / NIM
SELVIANINGSIH SALILAMA / 311409006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini yakni(1) bagaimanakah kemampuan menentukan topik makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(2) bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi masalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(3) bagaimanakah merumuskan masalah makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(4) bagaimanakah kemampuan mengembangkan gagasan dalam penyusunan makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(5) bagaimanakah kemampuan menggunakan bahasa indonesia dalam penyusunan makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode dekskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perolehan kemampuan mahasiswa yang berkategori baik atau nilai 35 sebanyak 14 orang, yang berkategori cukup atau memperoleh nilai 25 sebanyak 57 orang, dan kategori kurang atau memperoleh nilai 15 sebanyak 59 orang, sehingga secara keseluruhan dengan mengacu pada standar bahwa kemampuan mahasiswa dikatakan berhasil bila minimal memenuhi kriteria cukup dan maksimal kriteria baik. Dengan demikian, kemampuan mahasiswa dalam penyusunan makalah sebesar 54,62% (diperoleh dari akumulasi kategori baik dan kategori cukup yakni sebanyak 14 dan 57 orang). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan menyusun karya ilmiah mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia universitas negeri gorontalo dapat dikategorikan kurang mampu.Kata kunci: kemampuan, menyusun, karya ilmiah, mahasiswa.
Download berkas