Penulis / NIM
VERONIKA LAMANAU / 311409007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Veronika, Lamanau. 2015. Kemampuan mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Posigadan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya., Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sance Lamusu, M. Hum, Pembimbing II Dr. Muslimin, M.Pd.
Kemampuan mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama yakni kemampuan siswa dalam mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama harus sesuai dengan mimik, intonasi, lafal dan jeda. Namun pada kenyataanya peserta didik/siswa-siswi masih malu-malu dalam mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI IPA dalam mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama dalam pembelajaran di sekolah? (2) apakah yang merupakan faktor penghambat siswa dalam mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama? (3) bagaimanakah alternatif untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Metode ini digunakan untuk melakukan penelitian dengan cara menyajikan data dengan apa adanya tentang hasil penelitian terhadap kemampuan mengekspreskan perilaku dan dialog tokoh drama oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Posigadan dan faktor penghambat serta alternatifnya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes kemampuan, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama pada kelas XI SMA Negeri 1 Posigadan dilihat dari ketepatan gerak tubuh dengan isi dialog memperoleh skor rata-rata 16 dengan kategori tepat, ketepatan ekspresi wajah dengan isi dialog memperoleh skor rata-rata 17 dengan kategori tepat, ketepatan intonasi dan jeda pada siswa memeperoleh skor rata-rata 18 dengan kategori tepat dan ketepatan melafalkan isi dialog memperoleh skor rata-rata 19 dengan kategori tepat.
Faktor yang mempengaruhi dalam mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh drama memperoleh kategori cukup dipengaruhi oleh fakator guru, siswa, sarana dan prasarana dan suasana kelas.
Kesimpulan dalam penelitian adalah kemampuan mengekspresikan perilaku dan dan dialog tokoh drama pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Posigadan dapat dikategorikan cukup.
Kata Kunci : Kemampuan mengekspresiakan perilaku dan dialog tokoh drama.
Download berkas