SKRIPSI

Penulis / NIM
ANAK AGUNG BAGUS SUDARJO / 311409009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK Anak Agung B. Sudarjo, 2013 ”Kemampuan Mengekspresikan Dialog Para Tokoh dalam Pementasan Drama Oleh Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang”. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. H. Moh. Karmin Baruadi M.Hum, dan pembimbing II : Dr. Hj. Asna Ntelu M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan peserta didik mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama, Apa faktor-faktor penghambat peserta didik mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama, Bagaimana alternatif untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mengkspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama oleh peserta didik SMA Negeri 2 Kwandang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama dilihat dari ketepatan gerak tubuh dengan isi dialog, ketepatan ekspresi wajah dengan isi dialog, ketepatan intonasi dengan jeda, dan pengunaan lafal yang tepat. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk memaparkan atau menyajikan data dengan apa adanya tentang hasil penelitian terhadap kemampuan mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama oleh peserta didik kelas XI IPS-3 SMA Negeri 2 Kwandang dan faktor-faktor penghambat serta alternatifnya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes kemampuan, dan wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengekspresikan dialog para tokoh dalam pemantasan drama oleh peserta didik kelas XI IPS-3 SMA Negeri 2 Kwandang dilihat dari ketepatan gerak tubuh dengan isi dialog memperoleh skor rata-rata 15 dengan kategori tepat, ketepatan ekspresi wajah dengan isi dialog memperoleh skor rata-rata 15 dengan kategori tepat, ketepatan intonasi dengan jeda peserta didik mempreoleh skor rata-rata 20 dengan kategori tepat sekali, ketepatan melafalkan isi dialog peserta didik memperoleh skor rata-rata 20 dengan kategori sangat tepat. Faktor yang mempengaruhi peserta didik mengeskpresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama memperoleh kategori cukup dipengaruhi oleh faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana dan faktor suasana kelas. Alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengeskpresikan dialog para tokoh dalam pementasn drama disesuaikan dengan kebutuhan guru, karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana dan suasana. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama oleh peserta didik kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kwandang dapat dikategorikan cukup. Kata kunci: Kemampuan, Mengekspresikan, Dialog Para Tokoh, Pementasan Drama.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011