Penulis / NIM
NIA PURWANDARI / 311409010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Nia Purwandari 311409010 2013. Penilaian Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2012/2013. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Ha. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Ha. Sitti Rachmi Massie, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apa sajakah teknik penilaian pembelajaran keterampilan mendengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa? (2) apa sajakah bentuk instrumen penilaian pembelajaran keterampilan mendengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa? (3) bagaimanakah rumusan soal pembelajaran keterampilan mendengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dilapangan dikumpulkan menggunakan teknik dokumen dan wawancara, dokumen dalam penelitian ini adalah silabus dan RPP yang disusun oleh guru sedangkan wawancara merupakan data pendukung dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan digunakan teknik penilaian penugasan, tes tulis, observasi, uraian, dan tes praktik atau kinerja. Bentuk instrumen yang digunakan adalah uraian, unjuk kerja, lembar observasi, dan uji petik kerja. Rumusan soal yang disusun tidak sesuai dengan indikator kompetensi dasar keterampilan mendengarkan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian keterampilan mendengarkan tidak sesuai dengan indikator pencapaian pada kompetensi dasar.
Kata kunci: Penilaian Pembelajaran, Keterampilan Mendengarkan.
Download berkas