SKRIPSI

Penulis / NIM
I KADEK SUPARNO / 311409017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK I Kadek Suparno. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Siswa Kelas XI SMAN 1 Toili Barat Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. Permasalahan masalah penelitian ini adalah ; (1) bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS? (2) bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran TPS? (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS dengan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran TPS? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan desain pretes-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes awal dan tes akhir dan dianalisis dengan menggunakan pengujian normalitas, homogenitas varians, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji F diperoleh F_hitung = 47,79 dan F_tabel = 3,96. Karena F_hitung > F_tabel, maka hipotesis ditolak dan diterima. Kesimpulan secara keseluruhan dalam penelitian ini yaitu diterimanya hipotesis penelitian maka kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen memang dipengaruhi oleh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang digunakan. Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Kemampuan, Cerpen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011