Penulis / NIM
WINDRIYANA KOEM / 311409023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstrak
ABSTRAK
WindriyanA Koem. 2014 Kemampuan Guru Menerapkan Metode Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar di Kelas III SD Negeri 15 Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Program studi SI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Prof.Dr.Hj. Sayama P. Malabar, M.Pd, dan pembimbing II Herman Didipu S.pd M.Pd. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan guru menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SD Negeri 15 Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo? (2) kendala-kendala apa yang dihadapi guru dalam menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SD Negeri 15 Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo? (3) bagaimana alternatif untuk memecahkan kendala-kendala guru dalam menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SD Negeri 15 Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN 15 Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi berdasarkan pengmatan dan wawancara untuk menegetahui kendala-kendala guru dalam menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dan Alternatif yang dapat memecahkan kendala-kendala guru menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kemampuan guru menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak dikatakan berhasil meskipun observasi tahap ke-1 mengalami penurunan, karena guru tidak konsisiten dalam menerapkan metode pembelajaran. Kendala-kendala yang dihadapi, guru kurang kreatif sehingga kebanyakan siswa kurang perhatian, guru lebih aktif daripada siswa, dan dalam memberikan materi dalam tidak terlalu jelas sehingga hal tersebut berdampak pada siswa. Alternatif yang dikakukan guru adalah menciptakan Susana yang menumbhkan motivasi siswa untuk belajr dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak dikatakan berhasil, hal ini dibuktikan dengan pemerolehan data penelitian yakni melalui observasi hasil pengamatan dengan nilai akhir rata-rata mendapatkan 72,83dan melalui wawancara untuk mendeskripsiskan kendala-kendala yang dihadapi guru dan alternatif untuk memecahkan kendala-kendala menerapkan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran melengkapi puisi anak.
Kata kunci : Kemampuan, Metode Numbered Heads Together, Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
Download berkas