Penulis / NIM
FIRJA SANGGILALUNG / 311409034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Firja Sanggilalung. 311 409 034. 2016. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Memahami Struktur Teks Hasil Observasi Siswa Kelas VIIa SMP Negeri 2 Suwawa. Skripsi Jurusan bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi, faktor-faktor penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran, penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran, memahami struktur teks hasil observasi, dan langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif ini untuk menggambarkan fakta yang sebenarnya mengenai pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disesuaikan dengan indikator yang diamati.
Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi sesuai dengan langkah-langkah dalam pendekatan kooperatif tipe jigsaw tetapi ada beberapa tahap yang tidak dilaksanakan. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw belum terlaksanakan dengan baik.
Kata Kunci: pembelajaran, pendekatan kooperatif tipe Jigsaw
Download berkas